5 Manfaat Membuat Kalender Konten & Tips Cara Membuatnya

5 Manfaat Membuat Kalender Konten & Tips Cara Membuatnya

Bertepatan dengan hari libur Nyepi 31 Maret 2014 ini kita akan membahas secara padat dan singkat tentang kalender konten, sebuah cara yang mempermudah kita mengelola ide dan topic yang akan dibuat menjadi sebuah konten yang menarik.

Pada tulisan sebelumnya kita telah mengetahui sebuah trik untuk mendapatkan ide konten dengan cepat, namun tentu saja jika kita terus-terusan mengandalkan cara tersebut bisa jadi jerih payah kita dalam membuat konten tidak akan maksimal, terutama bagi kita yang menggunakan content marketing sebagai salah satu strategy untuk pemasaran secara online.

Kenapa sih kita perlu membuat kalender konten? Tahukah Anda bahwa banyak orang malas mengerjakan sesuatu bisa jadi karena mereka belum benar-benar tahu apa manfaatnya (termasuk saya…)? Untuk itu sebelum kita bahas apa saja sih informasi yang perlu kita cantumkan di kalender konten kita, saya mau ulas dulu beberapa manfaat dari kalender konten antara lain:

  • Kalender konten membantu kita untuk tetap fokus pada kebutuhan audience yang kita target, sehingga kita tidak selalu membuat konten yang mengikuti arus trend berita yang sedang populer.
  • Karena kita lebih fokus pada kebutuhan audience, kita memiliki kemungkinan besar untuk memuaskan rasa keingin tahuan mereka sehingga memberikan nilai tambah positif tingkat ‘authority’ pada pencitraan bisnis, brand, atau pun personal yang sedang dibangun.
  • Dua manfaat sebelumnya timbul karena kalender konten membantu (red. memaksa) kita untuk memikirkan konten apa yang harus kita buat, tidak hanya untuk hari ini dan hari esok. Sehingga kita benar-benar bisa memikirkan topic atau tema yang akan kita angkat.
  • Kalender konten membuat kita lebih produktif dalam menghasilkan konten yang lebih baik. Kita jadi tahu pasti kapan sebuah topik harus ditulis dan informasi apa saja yang harus kita kumpulkan sebelumnya.
  • Untuk Anda yang bekerja dengan tim, kalender konetn akan mempermudah dalam memperjelas tugas yang dibagikan kepada setiap anggota tim content marketing Anda.
Oke, sekarang kita sudah sama-sama tahu manfaat dari kalender konten. Tapi mungkin kita masih bingung apa saja sih yang harus ada di sebuah kalender konten? Kurang lebih informasi yang perlu kita masukkan ke dalam kalender konten kita adalah sebagai berikut ini:
  1. Tema besar bulanan.
  2. Tema mingguan.
  3. Judul konten.
  4. Target audience.
  5. Author (siapa yang akan menulis).
  6. Editor.
  7. Deadline
  8. Keywords
  9. Kategori konten.
  10. Gambar atau materi lain yang mendukung.
Sekarang buka laptop Anda dan selamat bekerja… dan bila Anda memiliki tips-tips bermanfaat lainnya, komentar atau pertanyaan, silakan tuliskan pada kolom komentar di halaman ini 🙂

Leave a Reply