5 Tips Facebook Marketing Yang Merubah 50K Menjadi 220K Lebih “Like”

Facebook Marketing Tingkatkan Like Fans Page

Tips dan trik Facebook marketing kali ini disaripatikan dari kisah sukses sebuah band yang sukses menaikkan jumlah Facebook Page “Like” nya dari 50.000 “Like” menjadi 220.000 “Like” dalam waktu yang relatif cepat. Penjabaran dari band tersebut bagaimana mereka berhasil menaikkan jumlah “Like” Facebook Page mereka akan berusaha kita simpulkan secara sederhana apa saja poin-poin penting yang mereka lalukan dalam strategi Facebook marketing yang mereka terapkan.

5 Tips Facebook Marketing:

1. Buat post atau update status yang banyak.
Rata-rata pemilik Facebook Page hanya menlakukan posting ke Facebok Page nya sebanyak 6-10 kali per hari karena takut membombardir news feed fans mereka. Namun ternyata kalau coba kita telusuri lagi hanya sekitar 5% dari fans Facebook Page kita yang akan melihat update tersebut. Untuk itu cobalah untuk meningkatkan jumlah posting secara perlahan hingga dikisaran 10-20 kali posting per hari dan pantau reach dari setiap post.

Cuma ada yang perlu digaris bawahi di sini, memperbanyak jumlah posting bukan berarti asal posting, pastikan juga kualitas konten yang kita bagikan ke fans kita tetap terjaga dan jangan sekali-kali membuat orang merasa seperti dikimi spam secara bertubi-tubi. Lakukanlah lebih banyak research untuk content dan buatlah content plan yang baik.

2. Bereksperimenlah dengan konten.
Coba posting content dengan tema-tema yang dapat membangun engagement walaupun mungkin tema tersebut tidak ada hubungannya langsung dengan sesuatu yang kita promosikan melalui Facebook Page. Contohnya kita bisa coba untuk posting foto-foto binatang peliharaan yang lucu seperti kucing, foto-foto anak kecil yang menggemaskan, atau foto-foto lain yang menggugah simpati. Resikonya selalu ada orang yang akan tidak suka dengan posting tersebut, tapi dari hasil percobaan jumlah orang yang menyukai konten tersebut jauh lebih banyak.

Jika kita berani mengambil resiko lebih, cobalah untuk membuat posting dengan isu-isu yang cukup kontroversial. Selain biasanya sesuatu yang kontroversial menarik lebih banyak perhatian, konten kontroversial bisa memecah kebekuan di Facebook Page kita. Namun tentunya ketika bereksperimen diranah ini kita harus benar-benar berhati-hati.

3. Pasang iklan di Facebook
Karena reach post dari sebuah Facebook Page biasanya hanya sekitar 5%-10% dari total jumlah fans-nya, maka cara yang mudah dan cepat untuk meningkatkan reach dari konten yang kita buat adalah dengan menggunakan iklan di Facebook. Konten menarik yang sudah kita buat jangan sampai mubadzir efektifitasnya gara-gara kita enggan beriklan untuk meningkatkan reach. Reach yang lebih luas memperbesar kemungkinan Facebook Page kita memperoleh fans yang potensial.

4. Ciptakan komunikasi 2 arah.
Nah untuk yang satu ini admin dari sebuah Facebook Page harus extra kerja keras. Karena setelah post konten yang keren, admin juga harus responsive menanggapo setiap komentar dan interaksi yang tercipta dari konten tersebut. Pastikan semaksimal mungkin agar fans kita tahu kalau setiap interaksi mereka dengan Facebook Page yang kita kelola kita perhatikan.

5. Be Fun!
Yang terakhir ini bukan rumus pasti. Yang jelas orang ke Facebook itu mencari hiburan baik dengan berkomunikasi dengan orang yang mereka kenal atau sekedar main game, bukan untuk mencari masalah atau mendapatkan masalah tambahan. Untuk itu konten yang kita buat tidak boleh datar dan normatif (kecuali kalo memang harus begitu), harus penuh semangat dan positif. Tapi boleh juga sekali-kali posting kontent yang menyayat hati dan menggugah simpati. Point pentingnya adalah apa yang kita bagikan sebisa mungkin dapat memicu perasaan seseorang dengan relatif cepat.

Bagaimana 5 tips facebook marketing di atas? Apakah anda punya tips menarik lainnya? Silakan tuliskan pada kolom komentar di halaman ini…

Leave a Reply