6 Aroma Ini Bisa Jadi Mood Booster di Tempat Kerja

Aroma apa yang biasanya kamu cium ketika berada di area kerja setiap hari? Semoga saja bukan bau-bau tidak sedap. Bau-bauan ditangkap oleh indra penciuman dan bereaksi cepat terhadap aktifitas otak kita. Indra penciuman yang kita miliki memberikan memberikan informasi ke otak yang dapat mempengaruhi kondisi emosi dan ingatan kita. Inilah alasannya kenapa tidak jarang sesuatu yang kita cium dapat mengingatkan kita pada suatu kejadian atau seseorang.

Dari sebuah riset perusahaan pembuat bahan aroma di Jepang ditemukan bahwa aroma ruangan yang segar dapat mengurangi lebih dari 50% terjadinya typo atau salah ketik. Dari penelitian yang lain diketahui bahwa aroma tertentu memberikan efek positif pada performa seseorang dalam melakukan pekerjaannya. Aroma yang segar dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan seseorang saat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang memerlukan konsentrasi lebih. Aroma-aroma tertentu juga dapat mengurangi rasa cemas dan lesu sehingga dapat membantu tetap menjaga fokus dalam melakukan pekerjaan.

Jika sumber aroma yang digunakan berasal dari produk aroma therapy yang terbuat dari bahan-bahan alami akan memberikan manfaat tambahan juga bagi kesehatan. Ini artinya akan membantu orang yang bekerja pada ruangan tersebut jadi lebih jarang sakit. Essential oil alami yang digunakan pada aroma therapy mempunyai anti-viral, anti-bacterial, dan anti-fungal yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Dipasaran banyak kita temui pengharum ruangan dan aroma therapy dengan berbagai pilihan aroma. Bila bingung memilih aroma apa yang tepat untuk sebuah ruang kerja cobalah salah satu aroma ini:

1. Jeruk / Lemon / Citrus

jeruk citrus lemon

Aroma lemon, jeruk, citrus atau yang sejenisnya dapat membuat hari-hari terasa cerah. Rasa tenang sekaligus menyegarkan yang diberikan dapat mengurangi kecemasan, lesu dan membantu kita lebih cool apabila sedang jengkel atau marah. Esential oil dari bahan jeruk memiliki manfaat anti-viral, anti-bacterial dan dapat membantu kita yang sedang mengalami flue dan gejalanya.

2. Lavender

bunga lavender

Aroma lavender merupakan aroma yang kuat dan ampuh untuk membuat kita jadi rilex, mengurangi rasa grogi dan rasa tertekan. Aroma lavender sangat cocok untuk orang yang memiliki migrain.

3. Jasmine / Melati

Mirip seperti lavender, aroma melati mampu membuat kita merasa lebih rilex. Bedanya, aroma melati juga meningkatkan rasa percaya diri dan optimisme seseorang.

4. Rosemary / Rosmarin

Aroma rosemary dipercaya mampu membangkitkan kemampuan memory kita dan mengurangi rasa letih atau pegal-pegal.

5. Cinnamon / Kayu manis.

Aroma kayu manis bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus.

6. Peppermint

Aroma peppertmint membuat pikiran kita jadi lebih fresh.

Bila ruangan kerja dipakai lebih dari 1 orang, ada baiknya kita minta pendapat orang-orang yang berada di ruangan tersebut. Atau kita dapat menggunakan aroma therapy dengan kadar yang ringan agar tidak mengganggu orang lain disekitar kita. Apa aroma favorit kamu?

Leave a Reply