7 Alasan Kenapa Mulai Ngeblog Lagi!

7 Alasan Kenapa Mulai Ngeblog Lagi!

Beberapa waktu yang lalu saya cek list domain-domain dan hosting yang perlu diperpanjang, dan domain gugussakti.com ini muncul di list yang ternyata perlu diperpanjang domain dan hostingnya.

Saya jadi tersadar kalau blog saya ini sudah teramat sangat lama sekali tidak pernah di-update dengan konten baru, dan saya juga mulai berpikir-pikir lagi kenapa saya perlu perpanjang domain ini.

Ini Alasan yang Saya Temukan Kenapa Harus Mulai Ngeblog Lagi:

1. Agar Tidak mubadzir Perpanjang Domain dan Hosting.

Karena domain ini menggunakan nama saya dengan alasan itu saja sebetulnya cukup untuk saya perpanjang domainnya. Tapi rasanya sayang kalau punya blog, bayar hosting dan domain, tapi nggak ada manfaat nyata yang dirasakan. Alasan pertama ini yang kemudian mendorong munculnya alasan-alasan berikutnya.

2. Mengasah Kemampuan Menulis dan Bercerita.

Saya mengawali perjalanan saya di dunia digital marketing dari melakukan optimasi website agar muncul di peringkat pertama hasil pencarian di search engine seperti Google, proses yang sering kita kenal dengna Search Engine Optimization.

Dalam mengerjakan project SEO baik untuk keperluan sendiri maupun untuk klien, saya selalu percaya bahwa konten yang bermanfaat bagi pembaca akan memberikan hasil yang baik untuk jangka panjang. Sehingga dulu saya sering melakukan riset konten dan menulis konten.

Saat ini pekerjaan menulis konten sudah cukup jarang (baca: tidak pernah) saya lakukan. Riset konten pun tidak terlalu dalam lagi, detailnya sudah dilakukan oleh tim. Saya pun jadi jarang menulis.

Padahal kemampuan untuk bercerita melalui tulisan itu penting bagi seorang marketer. Setidaknya itu menurut saya yang melakukan eksekusi content marketing dari content dengan format text kemudian me-repurpose content text tersebut ke format-format yang lain.

3. Melatih Konsentrasi dan Fokus

Saya merasa belakangan ini saya mengalamai masalah di sisi fokus. Yang mungkin disebabkan karena saat ini ada beragam hal yang perlu saya perhatikan ketika bekerja dengan tim yang semakin besar.

Semoga ketika saya mecoba menulis lagi untuk blog ini saya bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan menulis, yaitu melatih konsentrasi dan fokus.

4. Peluang untuk Memonetize Blog

Sepertinya alasan ke-4 ini alasan yang secara natural muncul di semua orang, apalagi bagi orang yang kerjaannya terkait digital marketing. Pasti akan gatel untuk mencari cara yang maksimal untuk monetize traffic yang dimilikinya.

Bagi saya alasan ini mungkin bukan yang utama untuk saat ini. Apalagi blog ini boleh dibilanga tidak ada trafficnya. Tapi saya yakin untuk jangka panjang saya bisa “connecting the dots” peluang-peluang yang (akan) ada dengan traffic dari blog ini.

5. Berbagi Pengalaman dan Ilmu Digital Marketing

Dulu saya banyak belajar digital marketing dari orang-orang yang dengan ikhlas mau berbagi ilmunya. Baik itu melalui blog, forum, dan komunitas.

Lewat blog ini semoga bisa jadi salah satu cara yang dapat saya lakukan untuk membayar kembali apa yang sudah saya dapatkan.

Oke, segitu dulu. Semoga artikel singkat 400-an kata ini bisa jadi langkah awal yang bagus untuk bikin blog ini jadi lebih bermanfaat.

Anda punya blog tapi sering di-update? Boleh lah ya bagi-bagi tips nya ke saya di kolom komentar.

Leave a Reply