8 Faktor Penting Dalam Membuat Website untuk Usaha Anda

Apakah Anda ingin memulai sebuah bisnis baru di internet atau Anda ingin mengembangkan usaha Anda dengan meningkatkan omset penjualan di internet dan berencana untuk membuat sebuah website untuk usaha Anda? Jika Ya!, maka langkah paling penting yang pertama kali perlu Anda segera lakukan adalah daftarkan segera nama domain untuk usaha Anda dan segera dapatkan juga akun di social media yang sesuai dengan brand usaha Anda. Jika sudah maka Anda boleh ambil langkah selanjutnya untuk menyiapkan website yang efektif untuk usaha Anda.

membuat website

Membuat website yang benar-benar efektif untuk meningkatkan omset penjualan usaha memang susah-susah gampang. Meskipun mungkin Anda tidak dapat membuat website sendiri, namun adalah sebuah hal yang penting bagi Anda untuk mengetahui website seperti apa yang benar-benar sedang dibangun oleh web designer Anda.

Berikut ini ada 8 faktor yang perlu kita perhatikan saat hendak membangun sebuah website untuk meningkatkan omset usaha yang kita jalankan. Faktor-faktor ini akan membantu Anda merancang sebuah website yang efektif yang bukan sekedar pajangan di dunia maya.

Ini dia… 8 Faktor Penting untuk Website Usaha yang Efektif:

1. Rencanakan Alur (funnel) kunjugan yang efektif untuk pengunjung website.
Sebelum melakukan proses coding & design rencanakan dulu dengan baik bagaimana pengunjung halaman apa saja yang akan dilalui pengunjung, proses apa saja yang perlu dilewati untuk merubah seorang pengunjung biasa menjadi seorang konsumen yang mengambil keputusan membeli produk atau jasa yang kita jual. Alur proses yang mudah dan sederhana akan benar-benar membantu pengunjung website dan mempercepat proses konversi atau penjualan.

2. Tonjolkan informasi paling penting dari usaha Anda di halaman depan website.
Tunda sejenak pikiran kita untuk meletakkan nama produk atau usaha kita, buatlah terlebih dahulu daftar informasi penting yang mampu memberi informasi yang jelas dan berharga kepada pengunjung website tentang usaha kita.
Pastikan informasi tesebut terpasang jelas di halaman depan website usaha kita. Contohnya untuk website sebuah usaha kuliner pastikan sajian utama yang jadi andalah tampil gambarnya di depan dengan porsi space yang cukup besar dan mungkin disertakan nomor telepon layanan antar jika ada delivery servicenya.
Selain gambar produk dan informasi kontak, pastikan juga kita cantumkan penghargaan yang pernah diraih dan juga testimony dari pelanggan. Ini akan membuat usaha kita tampil lebih terpercaya, pengunjung yang pertama kali melihat web kita akan meningkat rasa percayanya terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan.

3. Informasi kontak usaha.
Pastikan informasi kontak usaha kita letakkan ditempat yang mudah terlihat dan mudah ditemukan oleh pengunjung website kita.

4. Social media integration.
Maksimalkan integrasi website dengan social media, paling tidak sediakan share 3 button yang cukup popular (FB,twitter,G+). Jika diperlukan social media analytics juga dapat kita gunakan untuk memantau aktifitas di dunia social media yang berhubungan dengan website kita.

5. Mobile web ready.
Meskipun mungkin Anda perlu mengeluarkan investasi extra, mobile web dapat kita optimalkan jika kita juga melirih pasar mobile yang makin meningkat jumlahnya.

7. Server Hosting dengan uptime dan performa yang dapat diandalkan.
Uptime adalah salah satu hal yang cukup penting, selain menjadi salah satu factor penentu ranking di hasil pencarian di search engine, hosting yang sering rewel sering kali tidak hanya menyusahkan kita untuk me-maintenance website namun juga mungkin bisa jadi juga membuat pelanggan kecewa.

8. Jangan gunakan Flash, music, atau apa pun multimedia yang autoplay.
Alasannya sederhana, Flash, music, atau apa pun multimedia yang autoplay membuat website kita related lebih lama untuk dibuka, dan hasil survey menunjukkan orang tidak suka menunggu lama untuk sebuah halaman web terbuka secara utuh.

Faktor-faktor di atas dapat membantu kita merancang dan membuat web yang efektif untuk usaha kita. Saya yakin masih banyak faktor lain yang juga mempengaruhi, dan jika Anda ingin berbagi selain faktor-faktor di atas bisa Anda share lewat kolom komentar dibawah ini.

Leave a Reply