8 Tips Time Management

pomodoro time mangement timer

Setiap orang sama-sama memiliki 24 jam dalam sehari, tidak kurang dan tidak lebih. Tapi tak sedikit dari kita yang merasa 24 jam dalam sehari itu masih kurang. Bila Anda selalu merasa waktu yang Anda tidak pernah cukup, cobalah 8 tips manajemen waktu berikut ini:

  1. Rencanakan Agenda Harian Anda. Boleh percaya atau tidak, ternyata hanya sekitar 10% orang yang berhasil rutin merencanakan aktifitas harian mereka. Padahal ini salah satu cara ampuh untuk meningkatkan produktivitas Anda dengan mengetahui apa saja yang harus Anda lakukan pada hari itu dan berapa lama waktu yang Anda alokasikan untuk mengerjakannya.
  2. Blok Kalender dengan Jadwal Anda. Pada umumnya kebanyakan orang menandai kalendernya ketika ada janji atau keperluan dengan orang lain, sedangkan tidak memblok atau memberikan tanda pada tanggal-tanggal yang ia sangat perlukan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Untuk memastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan dan bekerja lebih fokus, pastikanlah Anda telah memblok atau menandai tanggal-tanggal dimana Anda harus benar-benar fokus menyelesaikan pekerjaan Anda dan alihkan hal-hal lain yang prioritasnya lebih rendah ke tanggal-tanggal lain.
  3. Hindari Segala Macam Inbox & Notofikasi. Email, chat, social media, sms dan segala macamnya bukanlah pekerjaan utama Anda! (Kecuali bagi Anda yang tugas utamanya harus menggunakan tools tersebut seperti bagian customer service atau bagian penjualan…). Abaikan sejenak notifikasi email, social media dan gadget Anda selama Anda sedang ingin fokus bekerja. Tenang… email dan pesan-pesan untuk Anda tidak akan pergi kemana-mana dan Anda bisa membukanya nanti setelah pekerjaan-pekerjaan prioritas telah Anda selesaikan.
  4. Jangan Segan Gunakan Kata “Tidak”. Buat kita orang timur perlu belajar untuk mengatakan “Tidak”. Anda harus mampu mengatakan “Tidak” pada saat dibutuhkan. Kemampuan ini akan menghindarkan Anda dari inefisiensi waktu dan tenaga untuk mengerjakan hal-hal yang bukan prioritas dan tanggung jawab Anda, sehingga akan menjaga fokus Anda tetap pada pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda.
  5. Selalu Kerjakan Pekerjaan Paling Penting Terlebih Dahulu. Hidup kita semakin hari semakin dinamis dan penuh perubahan. Tak jarang perubahan terjadi atau hal-hal yang tak terduga datang. Selalu selesaikan pekerjaan paling penting terlebih dahulu. Sehingga tak masalah bila dalam suatu hari mendadak Anda menjadi hectic di siang atau sore hari karena pekerjaan yang Anda prioritaskan telah Anda kerjakan.
  6. Mulai dan Akhiri Meeting dengan Tepat Waktu. Selain mengefektifkan waktu, Anda juga menghargai waktu orang lain.
  7. Buat Keputusan dan Jalani. Jangan terlalu terburu-buru membuat keputusan, namun jangan juga terlalu lama berpikir. Ketika Anda telah mengambil keputusan, jalani dan lihat hasilnya. Jangan buang waktu Anda untuk terlalu lama bimbang dan diam.
  8. Tuliskan Target Anda. Selain catat apa yang harus Anda kerjakan, tuliskan pula target akhir apa yang harus Andaa raih. Ini akan mempermudah Anda untuk fokus pada target yang harus diraih sehingga Anda akan memprioritaskan pekerjaan penting dan menghindari melakukan hal-hal yang membuang waktu.

Coba laksanakan 8 tips manajemen waktu di atas dengan disiplin dan rasakan perubahaannya. Bila Anda memiliki tips time management lainnya Anda bisa membagikannya dengan menuliskanya pada kolom komentar di halaman ini… 🙂

Leave a Reply