Cara Mengelola Social Media ala Blackberry

Eka Anwar, Marketing Director PT RIM Indonesia, memberi penekanan pada pentingnya konten dalam social media. “Konten adalah RAJA,” ucap Eka Anwar. Bagian ini merupakan hal esensial yang kelak menghubungkan sebuah brand dengan ketertarikan komunitasnya. Karena itu konten semestinya relevan sekaligus menarik bagi komunitas yang diincar.

Implementasi konten yang dilakukan Blakcberry selalu memuat konten lokal yang lebih mengena dan bergema yang bisa disiarkan kembali oleh komunitas. Tidak hanya itu, konten yang bercampur baur antara teks, grafis dan visual audio pun menjadi perhatian besar yang harus dijaga konsistensinya. Setelah konten disiarkan, Blackberry pun harus menjaga hubungan yang interaktif dengan komunitasnya serta memperbarui konten-konten yang ada.

Untuk menciptakan engagement yang erat dengan komunitas, sebuah brand, menurut Eka, perlu mendiversifikasi saluran social media dan konsisten memperbaiki kontennya. Berikan konten yang segar, responsif dengan setiap pertanyaan yang diajukan user. Selain itu perlu juga menciptakan aktivitas di social media yang bisa menjadi sumber keramaian untuk melibatkan dan mengaktivasi komunitas brand di social media, serta mengukur efektivitas setiap aktivitas itu.

Berikutnya yang turut mendukung keberhasilan strategi social media Blackberry adalah pesan-pesan yang disampaikan menyenangkan. Blackberry berusaha membuat para customer-nya terkoneksi satu sama lain, alias tetap eksis dalam lingkaran social media mereka.

Faktor lainnya adalah kontekstual dan seru. Teknologi informasi real time dalam saluran social media memungkinkan Blackberry untuk selalu hadir bagi komunitas pelanggannya dengan menyediakan informasi-informasi, fitur-fitur atau hal-hal lain yang mereka butuhkan melalui cara atau pendekatan yang seru.

Mashable, situs yang memuat informasi seputar dunia social media, mengakui Facebook Blackberry Indonesia merupakan salah satu brand yang sangat engaging di Indonesia. Memperoleh peringkat kedua untuk jumlah penggemar, dan nomor satu untuk peringkat engagement (0,13%), di mana rata-rata peringkat engagement antara 0,05 hingga 0,07%. Kombinasi antara kegiatan offline dan online yang berhubungan dengan komunitas menjadi faktor yang membuat penggemar Blackberry Indonesia di Facebook bertambah.

Leave a Reply