Hari Pertama Roadblog 2011 Blogilicious di Jogjakarta

Hari Pertama Roadblog 2011 Blogilicious di Jogjakarta
Roadblog 2011 Blogilicious di Jogjakarta dibuka dengan penampilan Angklung Jlagran

Akhir pekan ini saya beruntung bisa mengikuti event Roadblog 2011 Blogilicious di Jogjakarta, tepatnya di Fakultas Pertanian UPN. Saya belajar banyak hal dari senior tentang apa itu sebenarnya seorang blogger.

Sesi pertama Blogilicious diisi seorang senior yang berasal dari kota Solo, BlontankPoer. Beliau memberi kiat sederhana untuk terus produktif nulis. Kurang lebihnya kalau blogger itu bisa nulis lebih bebas dari reportasi seorang wartawan, jadi kalau sedang menulis artikel beliau memberi saran agar para blogger membebaskan pikirannya dan tidak perlu terlalu repot memikirkan soal 5W dan 1H.

Di sesi Blogilicious berikutnya ada Imam Brotoseno seorang yang bergelut dibidang tv commercial yang juga seorang blogger berbagi cerita tentang etika seorang blogger. Disesi ini Pak Imam berbagi pengalamannya saat konten blognya dijiplak menjadi sebuah buku tanpa seijin dirinya dan perjuangannya hingga buku tersebut ditarik dari peredaran.

Kemudian di sesi selanjutnya ada Dimasz Maualana yang bicara soal social media dan pembicara dari Telkom yang memaparkan perkembangan dunia telekomunikasi mobile dan dampaknya terhadap kehidupan kita dan peranan blogger di dalamnya sebagai produsen konten.

Sesi terakhir di hari pertama Roadblog 2011 Blogilicious di Jogjakarta diisi oleh mas Kukuh TW & mbak Mubarika dari IdBlogNetwork yang membahas soal blog monetizing ala IdBlogNetwork secara lengkap. Di sesi ini dijelaskan seperti apa blog yang diharapkan oleh pengelola IdBlogNetwork agar dapat job review dari sponsor, cara bergabung IdBlogNetwork yang sekarang harus pakai referensi dari blogger lain, dan hal-hal teknis lainnya.

Dan di penghujung acara hari pertama Roadblog 2011 Blogilicious di Jogjakarta ditutup dengan pembagian hadiah bagi 2 peserta yang beruntung, hadiahnya tidak tanggung-tanggung yaitu masing-masing mendapatkan job review dari IdBlogNewtwork dengan rate satu juta rupiah, wow mantab.

Baca kelanjutannya di Blogilicious Trah Yogyakarta hari kedua.

Leave a Reply