SenyumKita.com, membangun media untuk komunitas

SenyumKita.com adalah sebuah media online yang dikelola oleh Senyum Community, sebuah komunitas sosial yang bergarak pada bidang pendidikan & pemberdayaan generasi muda. Kegiatan yang paling rutin dilakukan oleh Senyum Community adalah melakukan pelatihan dan pendampingan ke panti asuhan yang berada di wilayaha Yogyakarta.

Komunitas ini sekarang sudah menginjak tahun ke-2 dalam perjalanannya. Selama perjalanan hampir 2 tahun ini ada berbagai dinamika yang terjadi di komunitas ini, salah satunya dalam pengembangan media untuk komunitas.

Sebelum adanya website SenyumKita.com dalam format blog yang sekarang ini, tim media Senyum Community memiliki rencana untuk membuat media dalam format cetak berbentuk majalah. Namun singkat cerita karena tidak adanya dana untuk itu maka jalan keluar yang diambil saat itu adalah merubah majalah menjadi e-magazine dalam format .pdf yang dikirimkan via email langsung ke subcriber milling list Senyum Community saat itu.

Di saat itu juga, Senyum Community memiliki halaman blog di blogspot.com dengan domain SenyumKita.com dan Facebook Group yang saat itu menarik lebih dari 2000 orang untuk join dalam group tersebut.

Namun sayangnya saat itu jumlah statistik orang yang mengunduh e-magazine Senyum Community tidaklah sebanyak jumlah member yang ada di Facebook Group. Nah di sini timbullah rasa gregetan karena sudah kerja keras membuat konte/ artikel tapi audience yang berhasil di dapat belum sesuai dengan yang diharapkan.

Tim media Senyum Community pun berembuk kembali soal isu ini, dan menyepakati untuk mencoba beralih ke media online atau mulai mencoba menggunakan website.

[stop di sini dulu, kalau ada waktu lagi dilanjut nulis soal Senyumkita.com lagi]

Leave a Reply