Tips Cara Mencari Ide Ringan untuk Tulisan di Blog

Tak terasa sudah berbulan-bulan saya tidak update blog. Salah satu alasannya adalah belum ketemu ide bahasan yang gampang ditulis. Untuk itu tulisan pertama yang akan saya posting di blog ini di tahun 2014 ini adalah tentang beberapa tips mudah cara mencari ide ringan untuk tulisan di blog. Tujuannya agar blog kita tetap update blog, itu saja.

Sebelumnya saya mau bilang kalau tips ini buat yang pingin sekedar update blog saja agar blognya tetap mendapatkan organik traffic. Kalau Anda ingin membidik keywords tertentu atau Anda adalah seorang content writer professional, jangan meniru cara ini tanpa memodifikasinya sesuai kebutuhan Anda.

Oke, langsung kita mulai …

Kalau Anda lagi malas cari ide tapi tetap punya kemauan keras untuk update blog Anda dengan tulisan yang baru dan segar yang perlu Anda cukup melakukan apa yang juga saya lakukan dan banyak orang lain bisa lakukan dengan mudah yaitu membuka portal berita, portal majalah favorit Anda, forum yang populer seperti Kaskus dan Detik Forum dan platform-platform lainnya. Ini detailnya:

1. Portal Berita

Kalau mau cari berita segar terbaru kemana lagi kalau bukan ke portal berita. Informasi hangat terbaru selalu ada di sini langsung dari tangan-tangan puluhan atau mungkin ratusan (atau ribuan) wartawan yang selalu berburu berita karena memang itulah tugas mereka.

Ada belasan bahkan puluhan artikel baru perhari yang bisa kita baca di portal-portal berita yang kita bisa jadikan ide untuk menulis artikel baru di blog. Dan tak perlu bingung artikel mana yang sebaiknya kita jadikan ide tulisan di blog, yang perlu kita lakukan adalah melihat kolom yang menunjukkan artikle yang populer atau banyak dibaca di portal tersebut, umumnya setiap portal berita menampilkan kolom ini, salah satunya seperti yang ada di bawah ini:

Portal berita umumnya cocok untuk hampir semua jenis blog pribadi yang tidak memilih topik khusus. Karena biasanya yang muncul pada kolom link berita populer adalah tulisan berita yang sedang menjadi bahan percakapan orang-orang saat itu.

2. Forum-Forum Terkenal

Tak jauh berbeda dengan portal berita, kalau Anda malas mencari ide untuk ditulis yang perlu Anda lakukan adalah melihat pada bagian yang menampilkan thread yang paling banyak dibuka di forum-forum besar seperti Kasku atau Detik Forum.

Yang membedakan antara forum dengan portal berita adalah di forum yang membuat tulisan bisa jadi siapa saja dan kita tidak tahu pasti tentang akurasinya. Nah… karena tujuan kita hanya sekedar cari ide untuk update blog, pilihlah postingan di forum yang Anda yakin aman untuk dijadikan ide tulisan di blog Anda. Saran saya hindarilah thread yang memiliki kemungkinan memicu kontroversi meskipun itu menarik.

3. Timeline Socil Media

Tips yang ini cocok untuk Anda yang memiliki blog dengan topic atau niche yang cukup spesifik. Kita bisa merubah timeline kita menjadi sumber ide tulisan. Caranya mudah, yang perlu kita lakukan cukup follow akun social media dari orang-orang terkenal di niche tersebut atau lembaga atau brand yang membahas niche atau topik yang sama dengan blog Anda.

Contohnya jika blog Anda membahas tentang hewan-hewan eksotik maka Anda bisa follow Facebook Page National Geographic.

Tips di atas semoga bisa membuat kita gampang menemukan ide untuk ditulis di blog. Kalau ada tips lain yang lebih mujarab dan mudah silakan di-share dengan menuliskannya pada kolom komentar di halaman ini ya…

Leave a Reply